Saturday, January 24, 2015

Mau Pakai Lensa Kontak (Contact Lens), Jangan Asal Gaya Yaa...

CianjurNewsFlash (CNF) - Pemakai lensa kontak (contact lens) saat ini bukan hanya bagi kalangan yang kesulitan dengan penglihatan tapi juga bagi mereka yang normal. Tidak dipungkiri bahwa penggunaan lensa kontak  membawa pengaruh positif bagi penggunanya yaitu penampilan akan terlihat lebih cantik dan tentu saja kepercayaan diri makin bertambah. Bagi mereka yang aktif, contact lens merupakan pilihan yang tepat. Selain itu bagi yang tidak mau merasa ribet saat melakukan akvitas, contact lens akan memberikan kenyamanan.

Lensa kontak selain sebagai alat bantu yang mana sudah menjadi bagian gaya hidup khususnya di kalangan perempuan, ada baiknya memperhatikan berbagai hal. Karena pengguna lensa kontak bukan berarti tidak beresiko bagi bola mata penggunanya, terutama bila digunakan selama lebih dari 10 jam. Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama akan menyebabkan mata jadi kekurangan oksigen karena tertutup oleh lensa kontak, sehingga mata tidak dapat bernapas. Sebagai hasilnya, mata akan jadi terasa gatal dan kering, secara perlahan mata akan memerah, berair, dan penggunanya akan kesulitan untuk melihat jelas.

Mata memerah adalah gejala yang mengawali berbagai infeksi serius. Oleh karenanya anda jangan menghiraukan gejala mata merah, karena itu bisa berisiko mengalami alergi permanen terhadap lensa kontak. Saat mata menderita akibat kekurangan oksigen atau terjadi infeksi, mata mengalami peningkatan resistansi terhadap lensa kontak yang merupakan benda asing.

Yang lebih parah lagi, lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan yang disebut dengan corneal opacity. Ini terjadi setelah berbagai infeksi dan trauma yang menimbulkan bercak-bercak pada kornea mata. Corneal opacity terjadi secara permanen dan bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur. Perubahan bentuk bola mata juga bisa terjadi akibat lensa kontak yang menempel seperti kulit kedua pada mata.

Sangat dianjurkan bagi pengguna lensa kontak untuk selalu menjaga kebersihan, karena jika tidak dapat mengakibatkan masalah mata yang cukup serius seperti mata kering, penglihatan menjadi kabur, gatal hingga kebutaan. Konsekuensi dari kurang memperhatikan kebersihan lensa kontak memang sangat fatal bagi kondisi mata. Banyak orang yang tidak cuci tangan sebelum memakaikan lensa kontak pada mata. Hal ini bisa memicu terjadinya iritasi yang jika dibiarkan bisa menjadi infeksi parah.


Jangan Asal Pakai Lensa Kontak

Kalau mau pakai lensa kontak, bahkan lensa kontak untuk keperluan fashion, sebaiknya konsultasi dan periksakan dulu kondisi mata pada dokter spesialis mata. Kemudian cek lagi mata anda seminggu setelah mengenakan lensa kontak.

Ada beberapa hal yang perelu dipertimbangakan  dalam memilih lensa kontak, seperti kondisi kesehatan mata anda. Misalnya, memiliki masalah penglihatan atau normal, punya masalah alergi atau tidak. Pertimbangkan pula faktor usia, karena pada usia 40-an mata anda mungkin perlu bantuan kacamata plus. Selain itu juga lenyamanan dalam penggunaan produk tersebut. Ini berguna untuk mendapatkan pilihan lensa kontak yang paling cocok.

Penglihatan yang sempurna membutuhkan kornea yang sehat dan juga asupan oksigen yang tinggi. Ketika kornea tidak mendapatkan oksigen yang cukup, gejalanya tidak dirasakan secara langsung oleh pengguna lensa kontak, melainkan hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan dokter mata. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi akibat pemakaian lensa kontak yang kurang terkontrol yaitu gejala kekurangan oksigen pada mata.

Gejala kekurangan oksigen yang dapat dirasakan pengguna lensa kontak adalah perih pada mata, silau (tidak tahan cahaya). Bagi yang menggunakan lensa kontak dan bekerja lama di depan layar komputer, ruangan kering ber-AC, atau terpapar asap, sangat rentan mengalami kekurangan oksigen di mata.

Masalah lain yang bisa dialami pemakai lensa kontak akibat penggunaan lensa kontak atau pembersih yang keliru adalah pembengkakan di mata atau kelopak mata, mata yang memerah, meradang atau berair, mata kering, lensa kontak bergeser-geser dari posisinya, infeksi, terjadi gangguan penglihatan, dan reaksi alergi.


Cara Memasang dan Melepaskan Lensa Kontak (Contact Lens)
Cara Memasang:
1. Sebelum memakai, cuci lensa kontak terlebih dahulu dengan solutions yang diteteskan 3-4 tetes pada telapak tangan lalu gosok secara lembut selama kurang lebih 10 detik. Lakukan pada kedua sisinya.
2. Letakan lensa kontak pada ujung jari telunjuk, lalu gunakan jari tengah (tangan yang
memegang lensa kontak) untuk menarik kelopak mata bawah.
3. Gunakan jari telunjuk atau jari tengah dari tangan yang lain untuk mengangkat kelopak mata atas. Lalu perlahan-lahan tempelkan lensa kontak pada mata.
4. Lepas tangan Anda lalu berkediplah agar lensa kontak menempati posisi tengah mata dengan sempurna.
5. Ulangi langkah di atas untuk lensa satunya.

Cara Melepas:
1. Cuci, bilas dan keringkan tangan Anda secara menyeluruh.
2. Selalu pastikan bahwa lensa kontak berada di tengah-tengah mata Anda sebelum mencoba untuk melepasnya.
3. Tarik kelopak mata atas dan bawah dengan jari Anda lalu cubit dengan lembut lensa kontak antara ibu jari dan jari telunjuk, kemudian tarik keluar.
4. Bersihkan lensa kontak seperti metode sebelum memasang lalu simpan dan rendam dengan solutions dalam softlens case.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan bagi penggunanya yaitu selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun lembut, bilas dan keringkan sebelum menyentuh lensa kontak, karena kebersihan merupakan aspek terpenting dalam merawat lensa kontak. Selain itu bagi kaum perempuan baiknya gunakan lensa kontak terlebih dahulu sebelum memakai make-up. Jangan memakai lensa kontak melebihi masa pakai yang dianjurkan.

Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur, adalah hal yang benar. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya. 

Selain itu juga cara terbaik menggunakan lensa kontak untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat penggunaan alat bantu penglihatan ini adalah dengan tidak menggunakan lensa kontak lebih dari delapan jam perhari. Dan selalu menggunakan produk yang direkomendasikan oleh profesional perawatan mata. 

Oke girls....sekarang tau kan gimana cara perawatan bagi pengguna lensa kontak, biar selalu keliatan tampil chantiiiik. (FI/ferrycia)


Info lainnya :

Mau Pakai Lensa Kontak (Contact Lens), Hati-hati, Jangan Asal Gaya Yaa...http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/01/mau-pakai-lensa-kontak-contact-lens.html

Tampil Cantik Dengan Scarf

Stylish Dengan Contact Lens

Waxing Sebagai Trend, Tidak Disarankan

Lama Di Depan Komputer /Laptop Bisa Kurangi Kecantikan

Perlu Ga yaa...Pake Behel Gigi

Trend remaja putri di Indonesia, Pikirkan Sebelum Memutuskan Pasang Behel Gigi




No comments:

Post a Comment