Thursday, October 23, 2014

Pikirkan Sebelum Memutuskan Pasang Behel Gigi

CianjurNewsFlash (CNF) - Penggunaan behel saat ini bukan hanya untuk memperbaiki rangkaian gigi saja, namun lebih kepada penunjang penampilan. Fenomena seperti ini cukup banyak dipakai dan merupakan trend khususnya remaja putri di Indonesia. Dengan jenis dan warna yang beragam tentu dapat menambah daya tarik penggunanya.

Selain itu juga dengan memasang behel dapat memperbaiki penampilan gigi, proses makan, dan berbicara. Meski saat ini muncul jasa pemasangan behel gigi tanpa sertifikat namun pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontis. Sedangkan bahaya dari menggunakan behel adalah dapat merusak gigi, karena kawat yang berada di gigi lama kelamaan akan membuat gigi menjadi goyang dan tidak bisa di atasi lagi.

Perlu kita tahu bahwa gigi berhubungan langsung dengan syaraf penting. Kalau kita kurang perhatian maka akan timbul gangguan bicara, pusing berkepanjangan dan penegangan otot leher.

Kalau memang berkeinginan untuk memasang behel, baiknya petimbangkan hal antara lain : 

Kita harus tahu tujuannya, buat apa coba. Kalau memang punya masalah dengan pola gigi yang tidak teratur, ya mungkin tapi kalau cuma buat ikut trend baiknya pikirkan effek samping yang akan timbul setelah memasang behel antara lain, kawat gigi bisa merusak posisi gigi. Efek lainnya juga bisa timbul yaitu tulang yang memegang gigi akan rusak dan bisa membuat gigi goyang. Belum lagi efek pada jaringan lunak, terutama pada gusi bibir dan pipi.

Saat ini cukup banyak praktik pemasangan behel yang ilegal, yaitu praktik pemasangan behel yang dilakukan oleh orang yang baru belajar (bukan dokter gigi/spesialis orthodonti) dengan biaya yang murah. Perlu di ketahui juga bahwa memasang behel tidak se gampang yang di pikirkan karena memasang behel yang benar memerlukan proses, mulai dari pemeriksaan, foto susunan gigi dan cetakan gigi pasien untuk mengetahui posisi gigi yang memang betul perlu perbaikan. Intinya kita harus tahu cara pemasangan dan jangan asal. 

Kalau memang mau pasang, sebelumnya coba cari tahu jenis behel yang cocok untuk dipasang itu lebih baik. Jenisnya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari metal, clear atau transparan yang berwarna seperti warna gigi. Untuk clear, bahannya bisa terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Perawatan orthodontik dapat dilakukan dengan alat lepasan (removable appliance), alat cetak (fix appliance) ataupun kombinasi.

Alatnya pun beragam bisa menggunakan dengan memakai alat Lepasan (removable appliance) bisa memperbaiki kelainan letak gigi derajat ringan dengan hasil yang memuaskan. Untuk alat orthodontik yang lepasan terdiri dari: Plat dasar yang terbuat dari akrilik dan menempel pada langit langit rahang atas atau pada dasar mulut rahang bawah. Bagian aktif yang terbuat dari kawat stainless steel yang berfungsi untuk menggerakkan gigi ke tempat yang diinginkan. Bagian retensi untuk menahan agar alat tidak terlepas dari mulut.

Kalau dengan alat Cekat (fix appliance) bisa direkatkan pada tiap-tiap gigi, antara lain terdiri dari Bracket dan band Bracket. Bahannya dapat berupa logam atau bukan logam seperti porselen, komposit dan plastik. Bahan-bahan ini mempunyai warna yang mendekati warna gigi. Band (cincin) gigi disemenkan pada gigi geraham. Archwire (busur kawat). Pengikat yang menyatukan busur kawat dengan bracket, terbuat dari kawat halus atau karet.

Selain itu juga harus tahu bagaimana cara merawatnya, karena bila kamu menggunakan behel, harus rajin membersihkan gigi setiap habis makan, jangan lupa untuk membawa sikat gigi yang lembut untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Dan yang harus juga diperhatikan adalah jadwal kontrol gigi sesuai yang ditentukan dokter.

Setelah memutuskan untuk dipasang, tentu harus menyiapkan dana yang lebih karena biaya perawatan cukup mahal, belum lagi kalo konsultasi. Setiap kali konsultasi ke dokter biasanya mengenakan biaya lagi.

Kalau memang mengharuskan memakai kawat gigi baiknya ke dokter spesialis. Tapi kalo hanya ikuti trend baiknya pikirkan efek sampingnya. Pikirkan baik-baik sebelum melakukan pemasangan. Jangan sampai gigi yang sudah bagus tapi ikut-ikutan trend jadi kelihatan tidak indah. 

Dan bagi kaum muslim baiknya bijaksana apakah perlu atau tidak.Jika gigi seseorang kurang teratur, tetapi masih dalam batas yang wajar, tidak menakutkan orang, dan bukan suatu cacat atau sesuatu yang tidak memalukan, serta pemakaian kawat behel dalam hal ini hanya sekedar untuk keindahan saja, maka hukum pemakaian kawat behel tersebut tidak boleh karena termasuk dalam katagori merubah ciptaan Allah suhbanahu wata’ala.

Dalilnya adalah hadist Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu bahwasanya nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: 
"Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah." (HR. Muslim)
(FI/ferrycia)


Info lainnya :

Alis Bikin Tampil Lebih Menarik

Mau Pakai Lensa Kontak (Contact Lens), Hati-hati, Jangan Asal Gaya Yaa...http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/01/mau-pakai-lensa-kontak-contact-lens.html

Tampil Cantik Dengan Scarf

Stylish Dengan Contact Lens

Waxing Sebagai Trend, Tidak Disarankan

Lama Di Depan Komputer /Laptop Bisa Kurangi Kecantikan

Perlu Ga yaa...Pake Behel Gigi

Trend remaja putri di Indonesia, Pikirkan Sebelum Memutuskan Pasang Behel Gigi

No comments:

Post a Comment