Tuesday, June 30, 2015

Baznas Cianjur Targetkan Perolehan Sebesar Rp15 Miliar

CianjurNewsFlash (CNF) - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Cianjur menargetkan perolehan zakat, infak dan sodakah untuk tahun 2015 ini naik sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya. Tahun lalu Baznas Kabupaten Cianjur memperoleh Zakat, Infak dan Sodakah hampir mendekati Rp15 Miliar.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekertaris Baznas Kabupaten Cianjur, Ahmad Fatoni Rozi. Pihaknya tidak bisa menargetkan besar dikarenakan situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat.

"Tahun kemarin kita Alhamdulillah menerima zakat, infak dan sodakah sebesar Rp14.7 miliar. Kita berharap tahun ini ada kenaikan sebesar 10 persen dimana kesadaran berzakat di masyarakat masih sangat rendah," katanya.

Meski demikian pihaknya merasa yakin semua warga muslim membayar zakat namun banyak diantara masyarakat yang berzakat tidak melalui amilin.

"Kami yakin semua warga muslim di Cianjur pasti berzakat fitrah, hanya berzakat melalui amilin yang ada di DKM atau RT persentasenya masih kecil. Berdasarkan catatan kami dari waktu lalu melalui DKM hanya 30 persen saja," tambahnya.

Dirinya mengungkapkan, warga muslim di Cianjur yang begitu banyak sudah seharusnya perolehanpun akan lebih besar. Namun banyak dari mereka yang secara sendiri-sendiri atau langsung ke orangnya.

"Bisa dibayangkan kalu saja di Cianjur ada sekitar 3 juta jiwa dan dari jumlah tersebut ada sekitar 2 juta penduduk muslim dan perkulaknya Rp25 ribu, sudah bisa dihitung secara kasat mata berapa miliar seharusnya. Namun yang kami terima hanya sekitar 30 persen saja," ungkapnya.

Pihaknya yakin apabila masyarakat yang membayarkan zakatnya ke BAZ akan dikembalikan ke warga sekitanya.

"Kebanyakan masyarakat membayarkan zakat langsung misalnya ke guru ngaji atau warga lainnya. Meski hal itu sah tapi alangkah baiknya kalau melalui DKM saja. Otomatis warga mustahik yang ada di tempat sekitar itu akan disantuni  oleh amil bersangkutan," jelasnya. (FI/ferrycia)


Info lainnya :

Baz kabupaten Cianjur alami kenaikan 25 persen
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/06/baz-kabupaten-cianjur-alami-kenaikan.html

Baznas kabupaten Cianjur targetkan perolehan
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/07/baznas-kabupaten-cianjur-targetkan-rp15.html

Kesadarn masyarakat pengaruhi meningkatnya penerimaan zakat
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/10/kesadaran-masyarakat-pengaruhi.html

Produk Kadaluarsa Masih Dijual Di Supermarket
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/produk-kadaluarsa-masih-dijual-di.html

Hadapi Lebaran Kondisi Jalan Di Cianjur Rusak Parah
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/hadapi-lebaran-kondisi-jalan-di-cianjur.html

No comments:

Post a Comment