Tuesday, June 30, 2015

Produk Kadaluarsa Masih Dijual Di Supermarket

CianjurNewsFlash (CNF) - Masyarakat dihimbau untuk hati-hati terhadap berbagai produk makanan dan minuman yang dijual. Lihatlah masa berlaku dari tiap produk yang hendak dibeli. Pasalnya dari hasil sidak yang dilakukan oleh tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, di supermarket menemukan produk yang sudah habis masa berlakuknya (Kadaluarsa) namun masih dipajang. 

Sidak yang dimulai dari kawasan Joglo, Disperindag menemukan produk sejenis susu (creamer) yang masih dijual padahal masa berlakunya sudah habis. 

"Kita lakukan sidak di supermarket dan mall terutama makanan instan yang perlu kita waspadai baik masa kadaluarsa maupun produknya. Dan ternyata ditemukan yang habis bulan ini tapi masih dipajang," kata Himam Haris, selaku Kepala Disperindag Kabupaten Cianjur, ketika melakukan sidak, Selasa (30/6/15).

Sementara itu Mumuh selaku kepala toko (Supermarket) menuturkan bahwa kemungkinan produk tersebut terlewat dari pengecekan dan pihaknya menjamin kalau barang yang lainnya tidak masuk dalam masa kadaluarsa.

"Produk yang tadi akan kami tarik. Harusnya tadi tapi berhubung kami rapat dahulu jadi belum sempat. Ya paling sebagian yang dipojok mungkin itu yang kelewat," tuturnya.

Himam menghimbau kepada pihak pusat perbelanjaan ataupun pasar untuk menghindari produk yang dijual dengan masa kadaluarsa yang singkat. Karena jelang Idul Fitri biasanya dijadikan kesempatan oleh produsen untuk mengeluarkan produk yang masa kadaluarsanya hampir habis.

"Kita mendapat informasi bahwa barang-barang yang sebentar lagi habis masa kadaluarsanya dikeluarkan pada saat-saat ini," ucapnya.

Apabila masih ada yang kedapatan menjual produk yang sudah habis masa kadaluarsa, pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindaknya.

"Sesuai dengan UU yang berlaku maka akan ada tindakan dengan dilakukan penyitaan dan juga diberikan peringatan baik kepada supermarket maupun pusat perbelanjaan modern tersebut. Dan apabila dilakukan berkalai-kali maka ijinya akan bisa dicabut," jelasnya. (FI/ferrycia)


Info lainnya :

Banyak Makanan Berbahaya Di Drop Ke Pasar, Masyarakat dihimbau untuk hati-hati
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/banyak-makanan-berbahaya-di-drop-ke.html

Disperindag Cianjur akan sidak antisipasi produk yang tidak jelas
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/07/disperindag-kab-cianjur-akan-sidak.html

Tanpa Palang Pintu, Dua Pengendara Motor Terpental Kena Kereta Api Yang Lewat
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/tanpa-palang-pintu-dua-pengendara-motor.html

Jalur Cianjur Yang Berkelok-Kelok, Polda Jabar Himbau Untuk Berhati-Hati
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/jalur-cianjur-yang-berkelok-kelok-polda.html

Hadapi Idul Fitri, Kuota Gas 3 kg Ditambah
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/hadapi-idul-fitri-kuota-gas-3-kg.html

No comments:

Post a Comment