Wednesday, September 23, 2015

Ribuan Hewan Kurban Diperiksa Bergilir

CianjurNewsFlash (CNF) - Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) Kabupaten Cianjur, telah melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban baik yang dijual dipasar hewan yang berada di kawasan Warungkiara (Pasirhayam) maupun yang dijajakan dipinggir-pinggir jalan.

Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan Perikan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Agung Rianto, mengatakan, pihaknya telah memeriksan ribuan hewan yang dijual menghadapi Idul Adha.

"Total hewan kurban yang telah diperiksa kesehatannya mencapai ribuan. Antara lain Sapi sebanyak 1.247 ekor, Domba 800 ekor, Kambing 160 ekor, dan juga Kerbau sebanyak 80 ekor," kata Agung, Rabu (23/9/15).

Ditambahkan Agung, pemeriksaan tersebut dilakukan sejak pertengangan bulan September hingga akhir September, yaitu dengan cara turun langsung ke para penjual yangf berada di wilayah Cianjur.

"Pemeriksaan dan monitoring hewan kurban dilaksanakan dari tgl 14-26 September dengan turun langsung ke tempat penjualan dipinggir jalan. Kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan dan kelayakan untuk kurban sesuai dengan syariat islam," tambahnya.

Dijelaskannya bahwa selain monitoring yang meliputi pemerksaan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga mencantumkan label sehat pada hewan kurban yang telah diperiksa.

"Setelah kita periksa juga disertai pemberian labelketersang berupa kalung berlogo SEHAT yang menunjulkan bahwa hewan tersebut telah diperiksa oleh petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan," jelasnya.

Dituturkannya bahwa dari sekian banyak hewan kurban yang dijajakan juga terdapat hewan yang masih belum cukup usia sebagai hewan kurban. Meski demikian, lanjut Agung, hal itu tidak menjadi masalah, karena hewan yang dijual tersebut bukan hanya untuk perayaan kurban saja.

"Ada juga hewan seperti domba yang masih muda dan belum masuk syarat untuk di kurbankan. Tapi itu tidak apa-apa karena hewan yang dijual kan tidak hanya untuk kurban saja. Yang penting sehat. Syarat hewan kurban domba/kambing usianya 1 tahun (cuplak), Sapi/Kerbau 1,5 tahun usia minimal dan sehat juga tidak cacat," ucapnya.

Selain kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga memberikan engobatan bagi hewan kurban apabila kedapatan dalam kondisi tidak layak (sakit). Menurut rencana pemeriksaan hewan kurban itu akan dilaksanakan hingga H+2. 

Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang akan menjual hewan ternaknya untuk perayaan kurban untuk tidak ragu menghubungi pihaknya. "Bila ada keluhan atau yang ingin diperiksa kesehatan hewannya (qurban) bisa menghubungi kami di kantor Disnakanlut Jalan Arif Rahman Hakim No.26, atau lewat telpon 0263 261619, juga bisa menhubungi petugas setempat," tandasnya. (Ferryindra)

Info lainnya :

Warga Cisel Terpaksa Jual Ternak Ke Kota Lain Karena Tidak Tersedianya Pasar Hewan
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/09/warga-cisel-terpaksa-jual-ternak-ke.html

Dinas Peternakan Kab. Cianjur Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban
http://cianjurkuinfo.blogspot.co.id/2015/09/dinas-peternakan-kab-cianjur-akan_25.html

Hewan Kurban Harus Miliki SKKH
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/09/hewan-kurban-harus-miliki-skkh.html

PT.QL Agrofood Tidak Ditutup, Warga Haurwangi Ancam Turunkan Bupati
http://cianjurkuinfo.blogspot.co.id/2015/09/ptql-agrofood-tidak-ditutup-warga.html

Hujan Turun, Sejumlah Pohon Tumbang Tutupi Jalan 
http://cianjurkuinfo.blogspot.co.id/2015/09/hujan-turun-sejumlah-pohon-tumbang.html

Kesbangpol Cianjur Kesulitan Awasi Pekerja Asing
http://cianjurkuinfo.blogspot.co.id/2015/09/kesbangpol-cianjur-kesulitan-awasi.html

No comments:

Post a Comment