Tuesday, June 23, 2015

Banyak Makanan Berbahaya Di Drop Ke Pasar

CianjurNewsFlash (CNF) - Menghadapi Idul Fitri biasanya berbagai macam makanan diedarkan meskipun masa kadaluarsanya sudah habis. Selain itu juga berbagai macam makanan khusunya dipasar-pasar tradisional tanpa mencantumkan lebel yang jelas. Makanan tersebut sengaja di pasarkan oleh produsen dengan harapan meraup keuntungan yang besar.

Terkait hal tersebut, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, berencanan akan melakukan pengawasan guna mengantisipasi beredarnya berbagai jenis makanan tanpa label yang jelas dan membahayakan konsumen.

"Kita (Disperindag, red) bersama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan akan antisipasi dengan melakukan pengawasan selain dengan pengendalian harga," kata Kepala Disperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris, Selasa (23/6/15).

Tahun lalu Disperindag Kabupaten Cianjur menemukan berbagai komoditas yang dijual yang sulit dipertanggungjawabkan. Selain tanpa mencantumkan merek, waktu kadaluarsa juga tanpa pencantuman tempat produksi. 

"Biasanya barang-barang yang beredar sifatnya curah dan instan seperti nuget, sosis, cingcau dan yang lainnya, tanpa diketahui produsennya," tambahnya.

Dijelaskannya, banyak barang yang di drop ke pasaran yang tidak jelas siapa pengirimnya dan ini akan merugikan konsumen karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Himam menambahkan bahwa kita tidak berkeinginan dalam bulan puasa ada barang-barang dari luar tanpa diketahui jelas siapa pengirimnya.

Dirinya menghimbau kepada para pedagang agar hati-hati apabila ada pihak tertentu yang tiba-tiba mengirim berbagai makanan yang tidak diketahui produsennya dan tanpa label yang jelas. Karena apabila itu terjadi pihaknya akan memberikan sanksi ke pedagang.

"Kasih tahu para pedagang dalam mengambil barang dari mana jangan sampai para pedagangnya yang kena sanksi. Kita khawatir pemasoknya yang tidak kena tapi justru pedagangnya yang kena sanksi," ucapnya. (FI/ferrycia)


Info lainnya :

Disnakanlut Cianjur, Jamin Tidak Ada Daging Glonggongan
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/disnakanlut-cianjur-jamin-tidak-ada.html

Hadapi Idul Fitri, Pemkab Cianjur Jamin Ketersediaan Bahan Pokok
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/hadapi-idul-fitri-pemkab-cianjur-jamin.html

Berbagai Makanan Kemasan Tanpa Label Beredar Luas
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/04/berbagai-macam-makanan-kemasan-tanpa.html

Larangan Jual Makanan Dan Minuman Kadaluarsa
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/04/pedagang-jangan-menjual-makanan-dan.html

Disperindag Cianjur Akan Sidak
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2014/07/disperindag-kab-cianjur-akan-sidak.html

Gepeng "Dilegalkan" Kades
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/gepeng-dilegalkan-kades.html

No comments:

Post a Comment