Saturday, June 27, 2015

Penjual Kulit Bedug Ketiban Berkah

CianjurNewsFlash (CNF) - Bulan Ramadhan juga membawa berkah bagi penjual kulit bedug. Seperti yang ada di kawasan jalan HOS. Cokroaminoto (jalan raya, red), para penjual kulit bedug berderet dari pertigaan jalan Dr. Muwardi hingga perempatan Solokpandan. Para pembeli bisa dengan leluasa memilih bahan yang akan dipergunakan baik itu dari kulit sapi maupun kerbau.

Salah satunya Ismail (42) warga kelurahan Rancabali ini sudah lebih dari 10 tahun menjual kulit bedug. Dikatakannya pada bulan ramadhan penjualan kulit bedug meningkat signifikan.

"Saya jualan kulit sapi sama kerbau. Lumayan lah bulan ramadhan bisa menjual 10 lembar tapi kalau sepinya paling 4 lembar per harinya. Selain itu saya juga terima pasang," kata Ismail ketika ditemui sedang melakukan pemasangan kulit bedug dikawasan Solokpandan, Minggu (28/6/15).

Meski sehari-harinya juga berjualan kulit namun pada bulan ramadhan penjualan kulit tersebut mengalami peningkatan. Untuk harga jual dirinya memberikan harga yang wajar.

"Ya kalau dari kulit sapi harganya Rp450 itu belum termasuk pemasangan. Tapi kalau dari kulit kerbau sedikit lebih mahal karena lebih tebal. Saya juga menjual yang sudah jadi harganya Rp1juta itu dari kulit kerbau, tapi itu juga masih bisa nego," tambahnya.

Ismail menjelaskan untuk lama pengerjaannya yaitu 2 hari karena kulit yang dibeli sebelum dipasang harus di rendam terlebih dahulu selama 1 hari agar elastis. 

Diakuinya saat ini kulit bedug mudah didapat dibandingkan tahun lalu. Dalam sehari dirinya bisa meraup untung bersih sebesar Rp350 ribu. 

Dirinya menuturkan pemesan tidak datang dari wilayah Cianjur saja namun dari kota lain. Umumnya si pemesan beralasan karena jauh lebih murah.

"Yang pesen ada juga dari Bandung, Karawang, Padalarang, Bogor, Jonggol, bahkan dari Ciamis. Mereka pada datang kesini katanya sih lebih murah. Kayak dari Bandung yang sudah jadi dihargai Rp1,7 juta tapi saya jual cuma Rp1juta," ucapnya.

Biasanya kulit-kulit tersebut dijajakan sebulan sebelum puasa supaya masyarakat tahu kalaudan mudah untuk mendapatkan kulit untuk bedug. Dan kulit bedug tersebut berlanjut hingga Idul Adha. (FI/ferrycia)


Info lainnya :

Pengusaha Sari Kelapa (Nata de Coco) Raup Untung Besar
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/pengusaha-sari-kelapa-nata-de-coco-raup.html

Jalur Cianjur Yang Berkelok-Kelok, Polda Jabar Himbau Untuk Berhati-Hati
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/jalur-cianjur-yang-berkelok-kelok-polda.html

Hadapi Idul Fitri, Kuota Gas 3 kg Ditambah
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/hadapi-idul-fitri-kuota-gas-3-kg.html

Pemkab Cianjur Jamin Ketersedian Daging Sapi Dan Ayam
http://cianjurkuinfo.blogspot.com/2015/06/pemkab-cianjur-jamin-ketersedian-daging.html

No comments:

Post a Comment