Monday, September 7, 2015

Kapolda Jabar Irjen Moechgiyarto : Aturan Tentang Miras Bisa Dibilang Lembek

CianjurNewsFlash (CNF) - Ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek dimusnahkan di halaman Mapolres Cianjur, jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Senin (7/9/15). Pemusnahan ribuan botol miras ini merupakan hasil operasi dari masing-masing polsek yang berada di Cianjur.

Sebanyak 3.500 miras yang disita ini merupakan hasil dari operasi penyakit masyarakat (pekat) yang digelar di wilayah Polres Cianjur. Selain itu juga operasi pekat merupakan bagian cipta kondisi menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban di wilayah Cianjur, dimana targetnya yaitu mengantisipasi penyakit masyarakat (pekat) seperti peredaran miras.

"Itu merupakan hasil dari operasi kepolisian yang sudah dilaksanakan dibidang penegakan hukum. Sedangkan dibidang preventif kita juga sudah melakukan patroli skala besar dan juga beranting," kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Moechgiyarto, yang menyaksikan langsung proses pemusnahan miras, didampingi Kapolres Cianjur, Akbp. Asep Guntur Rahayu.

Dijelaskan bahwa pihaknya telah memerintahkan untuk mengaktifkan pos-pos yang ada di seluruh wilayah Jawa Barat, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya yang ditimbulkan dari miras serta meminimalisir peredarannya. 

"Kita menyediakan pos-pos mobile dan saya sudah perintahkan untuk mengaktifkan itu. Begitu pula Babinkamtibmas untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat karena miras itu berbahaya apalagi dioplos. Kasus yang menimbulkan kematian sering kali terjadi," jelasnya.

Ketika ditanya tentang apabila ada keterlibatan aparat yang membekingi miras, pihaknya akan menindaknya. Disis lain Kapolda mengakui kalau selama ini sanksi yang diberikan kepada penjual maupun peminumnya sangat ringan.

"Kalau ada aparat ya pasti kita akan tindak sesuai aturan. Selain itu juga permasalahan miras ini aturannya boleh dibilang lembek. Kalau buat mereka jera akan berkurang.

Diakuinya penegakan hukum dilakukan secara maksimal dan optimal dalam setiap kegiatan operasi apapun senantiasa melakukan operasi cipta kondisi.

"Di wilayah Polda Jabar ini kita senantiasa memberantas miras, baik secara preventif maupun secara penegakan hukum," ucapnya.

Pemusnahan miras ini merupakan hasil dari operasi Cipta Kondisi dalam rangka Operasi Mantap Praja 2015, yang disaksikan juga oleh MUI Cianjur, serta tokoh masyarakat. (Ferryindra)


Info lainnya :

Lebih dari 6000 miras berbagai merek dimusnahkan
Polres Cianjur Musnahkan ribuan miras hasil operasi pekat
Latihan Pengamanan Pilkada, Ratusan Personil Diterjunkan
Alun-Alun Cianjur Jadi Tempat Shalat Istisqo
Situs Gunung Padang Dikagumi Wisman, Tapi Sayangkan Kebersihan

No comments:

Post a Comment